Jujugan’s House

Design by. Fafan Tri Afandy, ST (VIP|archlab) +62 811 341 7502
www.viparchlab.wordpress.com

Sebuah rumah kadang menjadi jujugan berkumpul dalam suatu keluarga. Rumah menjadi muara bagi sebuah keluarga saat kata ‘pulang’ terbersit di kepala. Harapan inilah yang berada dalam benak owner saat ingin membangun rumah ini.

“bagi saya rumah adalah tempat untuk pulang, berkumpul dengan seluruh anggota keluarga dan menerasakan kebahagiaan…” – owner-

Lokasi rumah ini berlokasi di Kab Jepara yang berbatasan langsung dengan pantai utara jawa.  Kondisi geografis jepara memungkinkan hembusan angin cukup melimpah di wilayah ini.

Kapling tanah diapit oleh gang kecil di sisi sebelah timur dan rumah tetangga di sisi barat dan selatan. Tantangan desain pada proyek ini adalah adanya kebutuhan ruang yang cukup banyak (5 KT,dapur,R.Keluarga,R.Tamu,dll) yang harus ditampung dalam 1 lantai dengan lahan yg cukup terbatas yaitu 9 m x 23 m. Hal ini karena permintaan orang tua pemilik rumah yang menginginkan semua kegiatan dalam rumah dilakukan dalam 1 lantai, tidak terpisah plat beton dan tangga. Untuk penempatan kamar tidur ada permintaan khusus dari owner yaitu sebisa mungkin diletakkan pada sisi barat dikarenakan di sisi timur rumah terdapat gang kampung tempat jalan masuk warga yang dikhawatirkan mengganggu istirahat penghuni. Hal ini menambah tantangan dalam mendesain layout ruang yang sebelumnya sudah cukup terbatas. Kebutuhan ruang yang banyak ini menimbulkan resiko sirkulasi gerak yang sempit dan sirkulasi udara dan cahaya yang kurang jika tidak direncanakan dengan baik. Isu inilah yang menjadi fokus kami dalam merencanakan rumah ini.

Model

Bagaimana mewadahi semua kebutuhan ruang dalam 1 lantai dengan luas lahan ± 223 m2 tetapi memiliki kesan luas/ lega dan sirkulasi udara dan cahaya terpenuhi, serta tetap memiliki GSB yang cukup dari jalan raya. Untuk memulai perencanaan kami membuat studi ruang dengan membagi layout ke dalam 5 zona, yaitu : Public, Leisure, Services, Semi-private, Private.

Model

Jarak antara penutup atap dan plafond dibuat tinggi sebagai barrier radiasi panas yang diterima atap. Pada dinding di atas plafond kami beri Roster Jalusi supaya udara panas langsung mengalir keluar, sehingga udara di bawah plafond tetap dingin, diluar itu penataan layout dan bukaan tetap memastikan sirkulasi cahaya dan udara yang baik tetap berjalan (cross ventilation). Hal ini membuat rumah ini hemat energi karena tidak begitu memerlukan Air Conditioning System (AC). Selain itu ruang antara plafond dan atap dapat dijadikan Attic yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Keberadaan taman (pattio) yang mengapit ruang keluarga memungkinkan sirkulasi udara dan cahaya dapat berlangsung dengan baik di setiap ruang. Dapur bernuansa outdoor sehingga asap dan bau dapat langsung keluar ke udara bebas dan tidak mengganggu ruang dalam rumah.

Design by. Fafan Tri Afandy, ST (VIP|archlab) +62 811 341 7502
www.viparchlab.wordpress.com

tampak-pagar-2-post-wm-vip

view-cam-3-final-post-wmview-cam-7-final-wm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s